Semarang & Sekitarnya

08 Juni 2010

Sobokartti Kenalkan Wayang pada Siswa SD

SEMARANG TIMUR-Dalam rangka melestarikan wayang kulit dan meneruskan kepada generasi mendatang, Perkumpulan Seni Budaya dan Gedung Cagar Budaya Sobokartti mengadakan program pengenalan wayang kulit pada Siswa SD kelas 3-kelas 6.

Kegiatan ini akan dimulai, Jumat (18/6), dan berlangsung selama empat bulan. Kegiatan diadakan setiap Jumat sore dari pukul 16.00-18.00 di Gedung Sobokartti, Jl Dr Cipto No 31-33.

Pada program tersebut memperkenalkan cerita wayang yang bersumber pada Ramayana dan Mahabarata serta tokoh-tokoh utamanya. Selain itu juga memberi pengenalan teknik memainkan wayang kulit dengan acuan lakon Kangsa Adu Jago yang berdurasi selama dua jam.

Koordinator Sobokartti, Tjahjono Rahardjo mengatakan, pelatihan tersebut juga akan disesuaikan dengan dunia anak-anak berusia 8-12 tahun.

”Pengenalan tersebut melalui pendekatan partisipatif karena lebih efektif daripada sekadar mengajak anak-anak untuk menonton pertunjukan wayang kulit. Diharapkan, dari kegiatan ini anak-anak mempunyai apresiasi yang lebih baik terhadap wayang kulit,’’ ujarnya. (K16-67)

SUARA MERDEKA CETAK – Sobokartti Kenalkan Wayang pada Siswa SD.

Iklan